Sarapan Sehat Ala Vegetarian

12.14
Tau kan menu makanan vegetarian itu menyehatkan?
Isinya banyak sayuran dan buah-buahan, kandungannya berbagai macam vitamin, mineral, zat besi, dkk yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.
Sayangnya gue bukan vegetarian, karena, ya ampun . . .  opor ayam, udang asam manis, sop iga, rawon, itu terlalu berharga untuk dilewatkan dalam hidup ini.

Tapi sesekali boleh banget milih menu vegetarian buat variasi menu makanan. Gue mulai istiqomah untuk senggaknya seminggu sekali sarapan dengan salad ala ala vegetarian gitu. Karena gue menyadari semenjak gak tinggal sama orang tua gue sering asal makan yang penting kenyang, gak ada sehat-sehatnya. Jadi gue merasa harus menebus dosa dengan makan makanan sehat, meski gak ngaruh juga kalo cuma sesekali, wkwkwk.

Salad Brokoli dan Tomat

Dahulu kala gue gak suka sama brokoli tapi belakangan jadi suka benget. Kadang perasaan orang tuh semudah itu ya terbolak-balik, kemarin cuek banget sama dia tapi hari ini jadi sayang banget, sayangnya dia malah udah gak peduli lagi. Sedihnya.

So, gimana cara gue bikin saladnya? Gampang aja. Yang dibutuhkan:
  • Brokoli, gue beli di pasar harganya lima ribu rupiah dapet satu bonggol kecil gitu, cukuplah buat dimakan sendiri.
  • Tomat, gue beli di pasar juga setengah kilo lima ribu rupiah.
  • Mayonaise , beli di minimarket empat ribu dua ratus satu bungkus kecil, cukup untuk beberapa kali pakai.

Eksekusinya:
  • Pertama potong-potong brokoli, habis itu rendam air garam selama 10 menit. Biar ulatnya mati, habis itu baru di bilas air. 
  • Selanjutnya rebus brokoli selama 5 menit aja, terus nanti ditiriskan. Sebenarnya dengan teknik merebus bisa membuang 50% kandungan dalam brokoli, alternatif lainnya bisa dikukus, atau mau langsung dimakan mentah juga gak apa-apa, sih. Sambil menunggu brokoli direbus, potong-potong tomat yang sebelumnya udah dicuci, kalo  gue biji tomatnya dibuang.
  • Setelah itu bisa langsung ditata di mangkok terus atasnya kasih mayonaise. Selesai, bisa langsung dimakan.





Rasanya . . . enak. Banget.
Rasa manis tomat dan asam dari mayonaisenya dan brokoli yang segar. Duh, kenapa gue baru-baru ini menyadari kalo salad kayak gini itu rasanya enak banget, bikinnya juga gampang dan murah (ini penting nih buat anak kos).

Kenapa gue pilih brokoli dan tomat?
Karena emak sering banget mengingatkan buat makan sayur dan buah-buahan, terutama tomat karena bisa mencegah kanker. Tomat itu paling mudah didapatkan dan tergolong murah, dan dengan kemudahan dan harga murah apa yang bisa kita dapatkan dari tomat?

Di dalam tomat terkandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B2, B3, dan C, kalsium, fosfor, besi, natrium, serat dan air, juga mengandung karoten yang berfungsi sebagai pembentuk provitamin A dan lycoppen yang mampu mencegah kanker. Makanya gue jadi sering nyemilin tomat.

Kalo brokoli, ya karena gue suka brokoli yang juga mengandung zat-zat yang menyehatkan (searching sendiri dah) selain itu bentuk brokoli yang fotogenik dan warnanya hijau jadi lebih cantik kalo di foto bersama dengan tomat. Hehe.

Sekian coba resep kali ini, semoga bisa jadi referensi kamu.

6 komentar:

  1. Tomat mentah yang ngga di masak gitu, aku paling ngga doyan. Rasane aneh banget, Wi
    Mayonaise juga, tapi kalau mayo yang ada di risol gitu, doyan. Hahaha

    *dasar, ndeso!

    BalasHapus
    Balasan
    1. opposite, aku gak terlalu suka tomat yang dimasak, kayak yang ada di sayur sop atau soto gitu, lebih enak mentah langsung makan.

      Kalo mayonaise rasanya memang agak aneh, asem-asem gak jelas gitu, tapi kalo buat cocolan makan nugget enak, sih :D

      Hapus
  2. Yang begini bolehlah diikuti. mudah bet buatnya. sehat. higienis. pesan dari bibiku dulu, kalo makan sayur atau apapun harus dicuci dulu. itu air garem buat ngerendam brokolinya sebaiknya higienis juga. jadi, garemnya mesti dicuci dulu pake sabun cuci.

    eiya, mesti banget makannya di kasur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. (-__-*) bodo amat kak, mau garemnya higienis atau gak, yang penting asin.

      iya, biar kek foodblogger luar negeri yang sarapannya di kasur dan fotogenik

      Hapus
  3. Berusaha untuk hidup sehat dan mengurangi makan junkfood adalah hal tersulit :(
    help...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi tubuh yang mulai gak beres adalah adalah kuntji, diiringi dengan kesadaran dan niat yang kuat.

      Hapus

Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca, besok baca-baca di sini lagi, yaa..
Semoga harimu menyenangkan. (^.^)/

Diberdayakan oleh Blogger.