#ChitChatNN: 5 Pilihan Makanan untuk Buka Puasa di Perjalanan

10.02
Tim buka puasa di jalan mana suaranyaaa???!

Momen sahur dan berbuka puasa mungkin adalah momen yang paling dinanti di bulan Ramadan, momen kebersamaan dimana semua anggota keluarga ngumpul dan makan makanan yang sudah disiapkan emak dengan penuh cinta. Duh . . . yang anak kos jangan baper, yak (ngomong sama diri sendiri).

Memang nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan, buka puasa di rumah bareng keluarga, makan masakan rumah. Tapi itu hanya angan belaka buat kita masyarakat urban yang tinggal dan beraktivitas di Jakarta, yang sialnya sering kejebak macet berjam-jam di jam rush hour kayak jam pulang kerja, padahal pulangnya udah satu atau dua jam lebih awal dari biasanya tapi tetep aja kejebak macet.

Itu . . . apalagi gue yang jam pulang kerjanya gak berubah, mana harus menempuh perjalanan lintas kota, duh.  Malahan pas adzan magrib masih di kereta, jadi harus bawa bekel buat buka puasa. Sunnahnya sih, cukup air putih dan kurma dengan jumlah ganjil, tapi gue bosen juga tiap hari begitu apalagi kalau kurmanya udah habis, kan lumayan mahal ya mau beli lagi, hehe.

Nah, ini beberapa pilihan makanan yang gue siapin buat buka puasa di jalan, siapa tau bisa jadi referensi kamu. Sebisa mungkin sih, gue menghindari makanan yang di goreng dan santan, soalnya kalau lagi puasa tuh rawan kena radang.


1. Buah-Buahan 
Selain kurma, buka puasa dengan buah-buahan lain adalah pilihan yang tepat, karena manisnya buah itu alami dan langsung bisa memberi tenaga buat tubuh. Favorit gue sih, buka puasa pake sop buah, ya Allah seger bangeeet. Tapi yakali gue desek-desekan di kereta makan sop buah, ribet amat. Paling gue bawa pisang yang gak ribet.



2. Kue Basah
Kalo mau makanan yang manis selain buah ada kue-kue jajanan pasar, kayak dadar gulung, kue lapis, kue sus, bolu, muffin, bolen pisang, terserah kamu deh maunya apa.



3. Roti
Kalau gak ada kue jajanan pasar dan deket sama minimarket, ya udah pilih roti aja yang simpel, tapi saran gue jangan beli roti tawar sama selai, bayangin lagi di jalan, di angkot/bus/kereta  harus moles-moles roti pake selai, ng . . . roti isi aja yang simpel. Mau isi coklat, keju atau daging, suka-suka kamu mau pilih apa.


4. Nougat
Terima kasih buat yang menemukan makanan ini, sungguh perpaduan coklat, kacang dan karamel itu bener-bener nikmat. Ini adalah pilihan yang paling simpel buat di makan di kendaraan umum juga cukup menolong di keadaan darurat dan rasanya udah pasti enak. Mudah ditemukan di minimarket terdekat, dan favorit gue adalah Noc.. eh, jangan sebut merk, deh.



5. Gorengan
Ah, bodo amat sama radang!
Mau dibilang makanan yang kurang sehat, tapi gorengan adalah makanan enak yang murah meriah, apalagi hampir semua yang jualan makanan buat buka puasa pasti ada gorengan, pasti. Pilihan gue mah gak jauh dari risoles dan pastel.

Itu beberapa pilihan makanan yang biasanya gue pilih buat buka puasa di jalan, apapun makanannya minumnya air putih aja yang sehat. Nah, kalo Nika mah menu buka puasanya orang Indonesia garis keras, hahaha. Baca nih, makanan favorit Nika buat buka puasa di #ChitChatNN: Menu Berbuka

Kalau kamu biasanya buka pake makanan apa? Rekomendasiin ke gue lah sekalian tempat belinya di mana yang enak.

5 komentar:

  1. Jadi anak kos yg berbuka sendirian itu berbuka pake apa aja rasanya sama. T.T

    kalo lagi di jalan, biasanya lebih sering buka pake minuman doang, nyampe di rumah baru makan. dan langsung buka pake nasi sih, gak afdol aja klo buka pake yg lain misal gorengan atau kue-kue gitu. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedalah rasa ayam goreng sama tempe bacem...

      Kalo yang punya maag, makan nunggu sampe rumah ya keburu asam lambungnya naik, haha

      Hapus
    2. Iya juga, sih. hanya kalo sahur sendirian itu, gak semangat yang bikin lidah jadi nggak peka walo udah dikodein pake sambel.

      kalo gitu bukanya pas zuhur aja~

      Hapus

Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca, besok baca-baca di sini lagi, yaa..
Semoga harimu menyenangkan. (^.^)/

Diberdayakan oleh Blogger.