Ayam Gril Saus Asam Manis

15.37
Sebagai anak kos yang gak punya acara di akhir tahun memang menyedihkan, apalagi gak dapat libur panjang. Apalah arti 1 Januari di hari minggu, hanya hari libur nasional yang sia-sia bagi gue. Gak apa, hari libur hanya untuk orang yang lemah *menghibur diri*. Kalau kata Lina, "Tahun baru? Udah pernah.".

Tapi walaupun gak ada acara makan bersama keluarga atau teman-teman, jangan sampai malam tahun barumu miris dengan hanya makan mie instan, ya. Jangan.

Jadi biar gak miris-miris amat gue mencoba resep baru untuk hidangan penutup akhir tahun, masaknya simple dan anak kos friendly. 

Mari kita coba membuat Grilled Chicken with Tomato Souce (di-bahasa-inggris-in biar keren)


Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Ayam bagian dada
  • Jeruk nipis
  • Buncis
  • Wortel
  • Baby corn
  • Irisan bawang Bombay
  • Bawang putih, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada bubuk sekucupnya
  • Tepung maizena 1 sdm, larutkan dengan air
Cara Membuat:
  • Pisahkan daging ayam dengan tulangnya lalu iris tipis-tipis, setelah itu campurkan dengan irisan bawang putih dan perasan air jeruk nipis. Aduk rata, diamkan selama 15 menit.
  • Sambil menunggu 15 menit, mulai eksekusi sayuran. Untuk wortel potong lidi, buncis dan baby corn potong kecil-kecil.
  • Setelah 15 menit, tata daging ayam di atas teflon. Apa? Gak punya teflon? Ya elah.. pinjem sama tetangga sana. Masak dengan api kecil, taburkan garam dan lada bubuk diatasnya, jangan lupa di bolak balik dan pastikan matangnya merata. Setelah matang, tata di atas piring.
  • Untuk membuat sausnya, panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan wortel, baby corn yang sudah di potong tadi dan saus tomat, lalu tambahkan air, aduk rata sampai wortelnya setengah matang. Kemudian masukkan potongan buncis, garam, gula pasir, dan sedikit lada bubuk, aduk rata. Setelah wortel, buncis dan baby corn dirasa sudah matang masukkan tepung maizena, aduk hingga mengental. Setelah itu bisa langsung hidangkan bersama ayam yang sudah digril.





Gampang kan, bikinnya. Gue butuh waktu satu jam aja buat eksekusi resep ini, gak beda jauhlah kayak masakan di resto gitu, hahaha. Buat info aja, ini pertama kalinya gue masak ayam digril kayak gini, ternyata rasanya enaaak. Gak pakai minyak jadi lebih sehat dan yang terpenting adalah gampang banget gak ribet dan gak butuh waktu lama.

Untuk bahan-bahan campuran saus bisa diganti dengan bahan lain sesuai selera dan kreasi kamu. Kayaknya sih enak ditambah jamur dan kacang polong.


Selamat mencoba.

13 komentar:

  1. Ayamnya yang putih itu ya? Ngga pake apa apa lagi? Langsung di goreng di teflon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gak usah pake apa-apa lagi. Gampang, enak dan sehat :D

      Hapus
    2. Tapi kok kayak pakai tepung gitu gambarnya? Emang gitu ya jadinya? Sorry banyak nanya, newbie soalnya. :D

      Hapus
    3. Beneran gak pake apa-apa lagi, hasilnya jadi putih gitu, keliatannya kayak pake tepung, ya? Hahaha.
      Oh, gpp, tanya aja yang masih gak jelas :D

      Hapus
  2. Hmmm enak.... Gampang lagi sepertinya bikinnya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gak ribet. Silakan kalau mau mencoba :D

      Hapus
  3. Wah, resep baru boleh dicoba. Diendorse ini juga gapapa. Ehhh xD

    BalasHapus
  4. Tahun baru? Udah pernah~ tapi yakin gamau ngerasain lagi, terlebih yg lebih seru~
    etapi baiknya jangan sih. taon baru isinya ngebut-ngebutan, bakar-bakaran, dan berisik-beriskan aja.


    Gamau ditambahin saus cabe aja itu wi? kayaknya kalo pedes makin bikin berliur ini. *ngelap liur* Masih gamau makan pedes, po?



    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ntar ikut pengajian pas tahun baru hijriah..

      Gak usah, cabe lagi mahal.

      Hapus
    2. Ya Allah, bener, Wi. di Kalimantan sampe nembus 255K per kilonya. huaaaaa... apa-apa kalo mesen makanan yg pake cabe jadi gada pedes-pedesnyaaaaa... beda banget ama dulu pas murah-murahnya. Cabe aja dirujak. jadi, cabenya dicocol ke sambel rujak.

      Hapus
    3. ebuset.. cabe dirujak.

      Iya, kan? Udah gak usah makan pedes, kalo mau ganti cabe dengan paprika atau wasabi aja, hehe. Atau balsem

      Hapus
    4. Karena nggak ada buah lain, sedangkan hasrat ngerujak sedang besar-besarnya...

      Paprika nggak pedas, Wi. Biasa juga aku makan paprika dicocol ke cabe. -_- Wasabi bikinnya kek mana dah... lebih ribet lagi berarti, mesti marut-marut. Itu pun belum tentu pas di lidah. Tapi yang balsem, kayaknya boleh juga...

      Hapus

Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca, besok baca-baca di sini lagi, yaa..
Semoga harimu menyenangkan. (^.^)/

Diberdayakan oleh Blogger.