Resep Sup Jamur Tiram, Anak Kos Friendly

10.41
Menjelang hari-hari terakhir Ramadhan, gak terasa ya cepet banget udah mau berakhir aja bulan Ramadhan :(

Semoga lancar semua ya puasa dan ibadah lainnya. Amiin.

Yang anak kos gimana, udah berapa kali sahur cuma pake mie instan ? Atau cuma pake sereal ? Atau malah gak sahur?

Semoga kamu sahurnya bergizi semua. 

Gue mau berbagi resep simpel buat sahur nih, semoga bisa jadi ide buat kamu yang udah bingung mau makan apa buat sahur dan buka puasa, biar gak makan mie instan melulu. Akhir-akhir ini lagi suka stalking Cookpad Indonesia buat cari-cari ide masakan, terus nemu resep Sup Jamur Tiram punya Agnes Daniella ini, semua resep kak Agnes ini ala-ala anak kos gitu, karena memang doi anak kos. 

Bahan-bahannya gampang didapat kok , modalnya juga murah dan bikinnya mudah, cukup waktu sekitar 20-30 menit aja dari menyiapkan bahan sampai siap dihidangkan.  Langsung aja nih praktekin resep Sup Jamur Tiram ala anak kos.

Bahan yang diperlukan:
                   jamur tiram
1 butir      telur
1 sdm       tepung maizena
2 siung     bawang putih
500 ml     air
1 sdm       kaldu ayam bubuk
                  garam
                  lada bubuk


Cara membuat:
  • Cuci bersih jamur tiram. Setelah dicuci, kukus selama 5 menit, ini tips dari emak gue biar airnya tiris dan menghilangkan bau jamur.
  • Selagi menunggu jamur dikukus, siapkan bahan yang lain. Kocok lepas telur dan beri sedikit garam. Cairkan tepung maizena dengan air secukupnya. Geprek bawang putih lalu potong halus.
  • Panaskan sedikit minyak goreng untuk menumis bawang, langsung di pancinya aja. Setelah tercium harum bawang masukkan jamur tiram, tumis jamur sebentar untuk menghilangkan airnya, setelah bau harum masukkan air, tunggu hingga mendidih.
  • Kecilkan api, masukkan perlahan telur yang sudah dikocok tadi sambil terus diaduk. Ingat, apinya kecil aja ya.
  • Masukkan garam, lada bubuk, dan kaldu ayam bubuk secukupnya. Koreksi rasa hingga pas sesuai selera.
  • Masukkan tepung maizena perlahan dan sambil terus diaduk. Jika kekentalan dirasa pas, matikan api dan hidangkan.


Gampang kan buatnya? Rasanya enak loh, gurih dan bergizi. Sup ini paling enak dimakan panas-panas hangat gitu, soalnya kalau udah dingin bau telurnya kecium rada-rada amis.

Oh, iya, untuk kaldu ayam bubuknya  kalau bisa yang non msg ya. Ada tuh yang merk Jay’s stock powder, katanya sih no msg added, di minimart atau pasar swalayan memang gak ada sih, belom pernah nemu gue. Tapi di Tokopedia atau Bukalapak ada kok, cek aja. *bukan promosi*

Takaran bahan-bahannya bisa disesuaikan sesuai selera jadi gak harus sama persis, bahan-bahannya juga bisa ditambah dengan apa yang disuka, ditambah sayuran lain juga enak. Masak tuh gak usah kaku-kaku amat ya sis, kayak baru kenal aja, eh gimana . . .

Sebenarnya lebih enak kalo ditambah wortel dan tahu putih terus dikasih bawang Bombay dan daun bawang juga biar lebih sedap baunya, tapi sekarang harga wortel lagi mahal. Gak cuma wortel, sayuran yang lain juga udah mulai mahal, harga bawang merah, bawang putih, telur ayam, ayam potong dan daging sapi juga mahal. 

Pusing deh, kayaknya mendingan beli sayur di warung aja, tapi masakan yang dijual di warung  nasi juga gitu-gitu aja, kebanyakan pedes lagi . . .
#Dilema #CurhatanAnakKos #tapi #lebih #ke #CurhatanEmak-EmakBanget

Yak, itu dia resep simpel buat kamu yang suka masak buat sahur, kalo gue mah kadang-kadang aja masak buat sahur kalo kebetulan bangunnya lebih awal, kalo waktunya mepet ya ceplok telor aja. Biasanya udah masak dari malem jadi pagi tinggal diangetin aja, tapi seringnya sih dimasakin bu lek jadi tinggal makan, atau langsung ke rumah bu lek aja numpang makan, he he he. 

6 komentar:

  1. Jam sahur masak? Ati2 ketiduran. Hehehe...

    Tapi, menunya itu enak banget dan memang mudah dimasak.

    Boleh dong itu resep dicobain bukan untuk menu sahur? Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..
      Boleh banget lah, dimasak kapan aja, paling enak sih pas lagi hujan dingin gitu

      Hapus
  2. Aku lagi ngehindarin jamur ini. Sejak 5 bulan lalu. Tiap abis makan jamur ini pasti langsung muntah. T.T
    Nyobain yang spaghetti aja lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh, kenapa? Alergi atau gimana?
      Ya udah, spaghetti ala kadarnya aja xD

      Hapus
    2. Kayaknya iya. padahal sebelum-sebelumnya, paling hobi makan jamur itu. gatau kerna apa, malah jadi alergi. hilang deh salah satu makanan enak buatku...

      kalo bahannya lengkap, gaperlu maksain alakadarnya juga kan biar mirip resepmu? hehe.

      Hapus
    3. hmm... iya bahannya lengkap mah gak usah dibikin versi ala kadarnya xD

      Hapus

Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca, besok baca-baca di sini lagi, yaa..
Semoga harimu menyenangkan. (^.^)/

Diberdayakan oleh Blogger.