Malu Buang Sampah Sembarangan!

22.27
@gelarjepangUI sudah mengumumkan jadwal terselenggaranya Gelar Jepang UI 21 tahun ini yaitu tanggal 7-9 Agustus 2015 tempatnya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya hari pertama dan kedua di Pusat Studi Jepang UI dan di Boulevard UI pada hari ketiga, tema tahun ini adalah "Minna No Nihon - Japan For Everyone". Wah, udah gak sabar nih  nunggu bulan Agustus, karena GJUI ini termasuk event wajib dikunjungi bagi gue selain Ennichisai, gak sabar pengen hunting jajanan khas Jepang dan ikimen cosplayer-cosplayer kece. Kemungkinan gue akan datang dihari kedua dan ketiga, lihat sikon jugalah. Ayo, ada yang mau dateng bareng gue?? :D

Yang menarik pada event ini adalah Gelar Jepang UI bekerja sama dengan Jakarta Osoji Club, itu loh komunitas pecinta kebersihan lingkungan. Gak hanya tagline ataupun pencitraan komunitas saja, tapi mereka benar-benar melakukan aksi nyata kepedulian terhadap lingkungan, terlihat dengan aktivitas rutin yang mereka lakukan yaitu aksi memungut sampah setiap minggu pagi di jalanan Jakarta, mereka juga sering terlihat memungut sampah-sampah di event-event festival kebudayaan Jepang, seperti di event Ennichisai bulan Mei lalu. Anggotanya gak hanya orang Jakarta atau orang Indonesia saja, tapi banyak orang Jepang dan dari negara lain juga menjadi anggota Jakarta Osoji Club ini. Jadi, buat kalian yang masih dengan merasa tidak berdosa membuang sampah sembarangan ... malu dong sama anggota-anggota JOC ini yang bukan orang Indonesia. 

Nah, GJUI dan JOC ini mau mengajak kamu - kamu yang peduli lingkungan untuk mewujudkan lingkungan "Gomi Zero". Apa itu Gomi Zero? Gomi Zero atau sampah nol adalah gerakan yang dicetuskan di Jepang dan dibawa ke Indonesia oleh Jakarta Osoji Club dengan tagline 'MALU BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!'


source

Gue setuju banget nih kalau budaya Jepang yang ini dibudidayakan juga di Indonesia, secara kayaknya budaya malu masyarakat Indonesia udah agak punah ya ... jadi harus kita bangkitkan lagi nih. 

Kamu bisa ikut berkontribusi dalam kegiatan petik sampah di GJUI 21 dengan mendaftarkan diri sebagai volunteer, nanti kamu bakal dapet kaos GJUI 21, konsumsi, dan tiket gratis masuk GJUI 21 di hari ketiga.  "Apa? Gratiss???!" *langsung semangat dah sama gratisan, ahahaha* langsung aja deh cek twitternya di @gelarjepangUI 


source

Buat yang gak ikutan daftar jadi volunteer juga tetap harus jaga kebersihan ya, gak cuma di event aja tapi dimanapun kamu berada. Mulailah dari diri sendiri, karena percayalah hal baik yang kamu lakukan walaupun sekecil apapun itu akan berdampak besar bagi kehidupan ini. 

Ingat! Malu buang sampah sembarangan!!! 

Ja matta ne ~

8 komentar:

  1. Nah, bener nih. Harus malu kalau buang sampah sembarangan, bukan malah bangga :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa emang yang bangga buang sampah sembarangan, siapa???

      Hapus
  2. wahh keren banget. pengen ikutan. adain di medan dong sekali-sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. umm... ya semoga JOC mau bentuk sister grup juga, jadi Medan Osoji Club misalnya :D

      Hapus
  3. ane setuju, malu buang sampah sembarangan!

    BalasHapus
  4. Pengen ikut juga... Tapi padat kegiatan tanggal segitu OTL

    BalasHapus
    Balasan
    1. padatnya kegiatan maba ... ngerti kok xD

      Hapus

Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca, besok baca-baca di sini lagi, yaa..
Semoga harimu menyenangkan. (^.^)/

Diberdayakan oleh Blogger.