Stop Copy Paste! Jadilah Kreatif dan Original!

15.24
Punya blog? Tapi isinya cuma copy paste tulisan orang? Malu dong! 
Mari bersama-sama kita berantas blogger copas !

Media komunikasi dan informasi sekarang sudah berkembang, semua orang sudah bisa membuat artikelnya sendiri dan mempublikasikan di internet melalui berbagai media, salah satunya blog. Sering kan ketika kita mencari suatu informasi dengan mengetik keyword di google, kemudian akan muncul berbagai situs web yang kebanyakan adalah sebuah blog pribadi. Karena blog adalah salah satu media paling efektif untuk mempublikasikan tulisan kita, ada banyak platform untuk membuat blog sendiri dari yang gratis seperti blogspot, wordpress, tumblr, dll. sampai yang berbayar dengan membuat nama domain sendiri. Pastinya bakal lebih keren kalau kita punya website dengan nama domain sendiri yang bisa kita dapatkan di Web Hosting Indonesia .

Nah.. di sinilah muncul permasalahan, dengan semakin mudahnya dalam mengakses blog maka akan banyak blogger-blogger baru bermunculan. Sebenernya sih bagus semakin banyak blogger baru itu artinya semakin banyak informasi/ilmu yang dishare, tapi apa jadinya kalau blogger-bloger ini ternyata hanya blogger copas? Yang pasti malah merugikan dan blognya hanya menjadi sampah visual saja, iya kan?!
Maka dari itu ayo semua blogger kreatif kita sama-sama berpartisipasi dalam kampanye Kak Andre dalam Berantas Blogger Copas yang disponsori oleh Web Hosting Indonesia. Saat ini blogger copas sudah menjadi kasus yang meresahkan, banyak temen-temen blogger kita yang sudah dirugikan oleh mereka, jadi ayo kita dukung kampanye Berantas Blogger Copas!

Sebenarnya apa sih yang menjadi motif seorang blogger melakukan copas?
menurut gue :
Pertama, mereka baru di dunia per-blog-an jadi mereka masih bingung mau menulis apa dan akhirnya memutuskan untuk copy paste tulisan orang.
Kedua, mereka sudah tidak punya bahan untuk artikel di blog mereka tapi disisi lain mereka ingin tetap eksis di blog, akhirnya dengan jalan pintas mereka mengcopy tulisan orang lain.
Ketiga, mereka ingin membahas sesuatu di blog mereka, tetapi mereka tidak punya ide atau malas untuk merangkai kata, dan lagi-lagi berakhir ctrl+c crtl+v.
Keempat, mereka membuat kloningan blog yang sudah terkenal agar mereka juga bisa terkenal.
Dan hal yang paling fatal yang mereka lakukan adalah tidak meminta ijin kepada penulis aslinya, boro-boro minta ijin mencantumkan link aja enggak.

Kasihan kan blogger kreatif dan original yang sudah bersusah payah melakukan penelitian atau sekedar pengamatan, mencari informasi pendukung dari segala sumber lalu mereka sajikan di blog mereka, kemudian dengan enaknya para blogger copas ini mengcopy semua tulisan itu di blog copas mereka dan mengakuinya sebagai tulisan mereka. Bayangkan bagaimana kesalnya blogger original itu, merasa hasil karyanya tidak dihargai.

Sebagai blogger kita harus tau etika dalam dunia literasi, bagaimana cara memberi apresiasi terhadap tulisan orang lain, bagaimana jika ingin mengutip sedikit atau sebagian dari tulisan orang lain, dsb.
Untuk menghindari melakukan copas kita harus banyak membaca buku untuk referensi pembendaharaan kosakata kita agar kita tidak kesulitan ketika ingin menulis, karena kita seorang blogger kita juga bisa melakukan blogwalking sekedar untuk mencari inspirasi, tapi ingat jangan copy paste tulisan orang!
Selain itu yang paling kita butuhkan adalah rasa percaya diri akan tulisan kita dan tidak lupa untuk banyak berlatih agar kita semakin terbiasa. Untuk memotivasi agar kita menghasilkan tulisan original kita bisa menggunakan nama domain untuk website pribadi yang disediakan oleh Web Hosting Indonesia, kan kalau sudah pakai nama domain sendiri setidaknya kita akan merasa malu untuk melakukan copas :)

Sekali lagi ayo dukung dan ikut berpartisipasi dalam kampanye Berantas Blogger Copas!


Lomba Blog by : andre.web.id



13 komentar:

  1. setuju. gue juga makin agak risih sa blogger yang bisanya cuma copas. kalau pun mau copas,itu ada aturannya. dan buat blogger yang gamau dicopas, ada kok caranya biar tulisan kita gabisa dicopas orang sembarangan.

    BalasHapus
  2. untung saja tulisan saya belum pernah dicopas hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo gitu harus diprotect kak, jangan sampai ya dicopas

      Hapus
  3. Bener juga nih, gua setuju... Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, makasih. Ayo ikut kampanye "Berantas Blogger Copas" :D

      Hapus
  4. Tulisan gue pernah di copas, padahal curhatan. Kampretkan =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gile curhatan aja dicopas :O kebangetan banget yak. Sabar ya teh..

      Hapus
    2. Teh? Gue Tami bukan Teh ~~~/o/

      Hapus
    3. (_ _!) oke salah gue . .

      Hapus
    4. cup-cup nggak baik menyalahkan diri sendiri, dek

      Hapus
  5. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus
  6. Bluehost is definitely one of the best hosting provider with plans for all of your hosting requirments.

    BalasHapus

Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca, besok baca-baca di sini lagi, yaa..
Semoga harimu menyenangkan. (^.^)/

Diberdayakan oleh Blogger.